Panduan lengkap pendaftaran SPMB Pusat Kota Bekasi 2025 untuk SD kemudian SMP

Ibukota – Seleksi Penerimaan Murid Baru (SPMB) tahun 2025 telah lama resmi dibuka bagi calon siswa wilayah Daerah Perkotaan Bekasi. Seluruh tahapan rute pendaftaran hingga daftar ulang, dapat diakses oleh pemukim tua atau siswa melalui portal resmi SPMB Perkotaan Bekasi.
Dengan menerapkan sistem SPMB, diharapkan dapat meminimalisir praktik kecurangan, memberikan kesempatan yang tersebut adil lalu transparan bagi seluruh komunitas Pusat Kota Bekasi, khususnya para siswa di perihal pendidikan.
Perlu diketahui, untuk sistem SPMB terdapat empat jalur pendaftaran yang digunakan dibuka, meliputi jalur domisili, afirmasi, mutasi, serta prestasi. Para pemukim tua juga siswa dapat memilih salah satu jalur yang disebutkan sesuai kriteria yang berlaku.
Cara pendaftaran SPMB Pusat Kota Bekasi 2025
Berdasarkan Keputusan Wali Daerah Perkotaan Bekasi Nomor: 400.3/Kep.245-Disdik/V/2025, tahapan SPMB Perkotaan Bekasi 2025 terbagi ke pada dua tahap, yakni pra pendaftaran dan juga pendaftaran.
Tahap pra pendaftaran, calon siswa akan meng-upload berkas yang dimaksud menjadi prasyarat administrasi. Setelah itu, lanjut ke tahap pendaftaran, di mana para calon siswa memilih sekolah tujuan sesuai minat juga ketentuan yang tersebut berlaku.
Berkas umum pra pendaftaran SPMB Pusat Kota Bekasi untuk jenjang SD:
1. Akta kelahiran/surat tanda kenal lahir
2. Kartu keluarga/surat penjelasan domisili
3. Kartu identitas anak (KIA)
4. Surat pernyataan tanggung jawab mutlak dari khalayak tua/wali
Berkas umum pra pendaftaran SPMB Pusat Kota Bekasi untuk jenjang SMP:
1. Akta kelahiran/surat tanda kenal lahir
2. Kartu keluarga/surat informasi domisili
3. Kartu identitas anak (KIA)
4. Surat keterang lulus
5. Ijazah atau keterangan hasil uji kesetaraan untuk lulusan paket A
6. Surat pernyataan tanggung jawab mutlak dari penduduk tua/wali
Bagi siswa yang digunakan memilih jalur mutasi wajib melampirkan surat penjelasan pindah tugas pemukim tua/wali kemudian jalur afirmasi melampirkan bukti terdaftar Fakta Terpadu Kepuasan Sosial (DTKS).
Sementara, bagi siswa penyandang disabilitas atau inklusi wajib melampirkan surat pernyataan dari dokter spesialis, psikolog, atau kartu penyandang disabilitas dari Kemensos atau surat informasi dari sekolah.
Langkah pendaftaran SPMB Perkotaan Bekasi
1. Akses laman http://spmb.bekasikota.go.id juga klik "Pendaftaran"
2. Isi form pendaftaran akun SPMB sesuai data calon siswa
3. Setelah selesai, cek email yang digunakan telah terjadi didaftarkan untuk aktivasi akun SPMB
4. Kemudian, sistem akan mengarahkan ke halaman dashboard.
5. Klik "Buka Formulir Pendaftaran" kemudian lengkapi data pribadi siswa, jenjang pendidikan, lalu dokumen pendukung sesuai jalur pendaftaran yang mana dipilih.
6. Setelah dilengkapi, klik "Simpan Pendaftaran" serta unduh tanda bukti pra pendaftaran.
Jadwal tahapan seleksi SPMB Daerah Perkotaan Bekasi 2025 jenjang SD dan juga SMP
- Pra pendaftaran lalu verifikasi dokumen: 13 Mei 2025 pukul 08.00 Waktu Indonesia Barat sampai 13 Juni 2025 pukul 16.00 WIB
- Pendaftaran tahap 1 (jalur prestasi, akademik serta non akademik, tahfidz, afirmasi, mutasi) lalu hasil seleksi: 23 Juni 2025 mulai pukul 08.00 Waktu Indonesia Barat sampai 25 Juni 2025 tutup pukul 16.00 WIB
- Daftar ulang: 26 Juni 2025 pukul 08.00 Waktu Indonesia Barat sampai 30 Juni 2025 pukul 16.00 WIB
- Pengumuman tetap: 30 Juni 2025 pukul 16.00 WIB
- Pendaftaran tahap 2 (jalur domisili) serta hasil seleksi: 1 Juli 2025 pukul 08.00 Waktu Indonesia Barat sampai 3 Juli 2025 pukul 16.00 WIB
- Daftar ulang: 4 Juli 2025 pukul 08.00 Waktu Indonesia Barat sampai 7 Juli 2025 pukul 16.00 WIB
- Pengumuman tetap: 7 Juli 2025 pukul 16.00 WIB
Artikel ini disadur dari Panduan lengkap pendaftaran SPMB Kota Bekasi 2025 untuk SD dan SMP